Cegah Keracunan Makanan, Nelayan Ganjar Tekankan Pentingnya Sanitasi Produk UMKM

76 views

Lampung Timur, Lampung – Untuk mencegah terjadinya keracunan dalam mengonsumsi makanan, sukarelawan Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Lampung mengedukasi warga tentang pentingnya sanitasi produk UMKM.

Melalui pelatihan pengolahan kerupuk ikan, edukasi itu digelar di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung pada Kamis (5/10/2023).

“Harapan kami setelah diadakannya edukasi ini masyarakat atau pelaku UMKM di sini tidak mengabaikan kebersihan produk-produk yang diolah mereka di sini,” ujar Koordinator Wilayah KNP Lampung Miftahul Lutvi.

Karena, kata Lutvi, tidak sedikit terdengar kasus berita di televisi mengenai warga suatu daerah yang keracunan karena makanan.

Ini diduga terjadi imbas adanya oknum pelaku UMKM yang tidak memperhatikan kebersihan dari proses pembuatan produk-produk UMKM.

Padahal, dengan terjaminnya kebersihan dan mutu suatu produk UMKM dapat meningkatkan nilai jual produk tersebut di masyarakat luas. Selain menjadi laku keras, konsumen juga tidak perlu khawatir dalam mengonsumsinya karena tidak akan menganggu kesehatan pencernaan.

“Harapan kami juga sekiranya nanti setelah melaksanakan kegiatan ini, warga di sini menyadari tentang sanitasi tadis. Sehingga produk UMKM-nya memang terjamin aman mutunya dan juga bisa beredar di mana saja,” jelas Lutvi.

Para peserta pun mengapresiasi kegiatan yang dihelat simpatisan Ganjar Pranowo tersebut. Terlihat yang hadir sangat antusias ikut selama pelatihan terlaksana.

Mereka juga terlibat langsung dalam pelatihan pembuatan kerupuk ikan. Diharapkan nantinya keterampilan warga makin meningkat dalam mengolah ikan menjadi produk UMKM. Sehingga dapat membangkitkan gairah perekonomian di lingkup keluarga bahkan masyarakat sekitar secara luas. (*)