Rektor Unila dan IIB Darmajaya Bahas Kerja Sama Pendidikan

53 views

BANDARLAMPUNG – Dua perguruan tinggi di Lampung, yaitu Universitas Lampung (Unila) dan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, melakukan audiensi untuk membahas kerja sama di bidang pendidikan. Audiensi dilakukan di ruang kerja Rektor Unila, Selasa, 23 Mei 2023.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., menyambut baik kunjungan Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. Firmansyah Yunialfi Alfian, M.B.A., M.Sc., beserta jajaran wakil rektor.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas berbagai hal yang berkaitan dengan kerja sama pendidikan, antara lain program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sharing tenaga pengajar, penerimaan mahasiswa baru, dan pembinaan prestasi olahraga mahasiswa.

Rektor Unila mengatakan, Unila terus berupaya untuk meningkatkan integritas dan kualitas pendidikan di Lampung. Ia juga mengajak perguruan tinggi swasta di Lampung untuk bersinergi dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di provinsi ini dengan membuka peluang masyarakat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Salah satu caranya yakni dengan membuka jalur mandiri yang transparan dan akuntabel untuk merekrut mahasiswa baru. Rektor Unila juga mengungkapkan, sudah ada tiga perguruan tinggi swasta yang bergabung dalam jalur mandiri ini dan ia berharap IIB Darmajaya juga bisa ikut serta.

“Tentang mekanisme sharing prodi maupun jurusan yang akan dikerjasamakan penerimaannya dapat dicermati melalui kerja sama yang lebih detail,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Rektor IIB Darmajaya menyampaikan pihaknya siap untuk bekerja sama dengan Unila dalam bidang pendidikan. Ia juga meminta bantuan dari Unila untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendidikan pada beberapa program studi dan jurusan yang ada di IIB Darmajaya.

“Kami memohon bantuan sharing tenaga pengajar dari Universitas Lampung pada beberapa program studi dan jurusan yang kami miliki,” katanya.

Selain itu, kedua pihak mendiskusikan kerja sama mencakup pengelolaan prestasi mahasiswa dalam bidang olahraga yang terhimpun dalam Bapomi Lampung. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan mahasiswa di Lampung. ***

Editor: Rudi