Jurusan Sosiologi FISIP Tuan Rumah APSSI 2023

35 views

BANDAR LAMPUNG –Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung (Unila) menjadi tuan rumah penyelenggaraan lokakarya nasional Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI) tahun 2023. Kegiatan berlangsung di Hotel Emersia, Bandar Lampung, 1 hingga 3 November 2023.

Lokakarya nasional ini dihadiri 103 peserta dari berbagai program studi sosiologi perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unila Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., mewakili Rektor Unila.

Dr. Habibullah Jimad berharap, lokakarya ini dapat memberikan sumbangan signifikan dalam perkembangan kategori lulusan sosiologi di Indonesia. Dia menjelaskan, kemampuan sosiologi saat ini sangat dibutuhkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, karena sosiologi fokus pada pemikiran kritis dan penelitian yang bersifat emansipatoris. Oleh karena itu, kegiata ini sangat penting untuk reproduksi ilmu sosiologi dan ilmu sosial di tingkat regional dan global.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama Dr. Dedy Hermawan, S.Sos., M.Si., menambahkan, lokakarya nasional ini merupakan wujud dari semangat kolaborasi, pembaharuan, dan pengembangan ilmu sosial, terutama dalam konteks penguatan prodi sosiologi di tingkat sarjana, magister, dan doktor dalam lingkup APSSI.

Dia menyatakan, lokakarya merupakan momen berharga untuk berinteraksi, berdiskusi, dan berkolaborasi antara jurusan dan program studi sosiologi di Indonesia.

Selaras dengan tujuan tersebut, Ketua Pelaksana Loknas APSSI yang juga merupakan Jurusan Sosiologi FISIP Unila Dr. Bartoven Vivit Nurdin, M.Si., melaporkan, kegiatan ini melibatkan tiga narasumber, termasuk Dr. Hari Wibawanto dari Kemendikbudristek, Dr. Nadia Yovani, S.Sos., M.Si., dari Universitas Indonesia, dan Dr. Sulastri Sardjo, M.Si., dari Laboratorium Sosiologi Universitas Indonesia.

Dia menekankan, selain materi dari narasumber, lokakarya akan diikuti dengan kegiatan Seminar International Indonesia Conference on Interdisciplinary Studies, sehingga ada pengembangan sistematis dari hasil yang diharapkan.

Pembukaan lokakarya juga dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Prof. Dr. Ir. Amrulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD selaku Dewan Pakar APPSI dan Wakil Ketua Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Arie Sujito selaku Ketua Umum Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI) periode 2023-2027 yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Gajah Mada, Ketua APSS Dr. Harmona Daulay, M.Si., dan beberapa tokoh sosiologi kenamaan lainnya. (*)